Friday, February 12, 2016

TERNYATA MANFAATNYA LUAR BIASA

Jamur tiram - Adalah salah satu jenis jamur yang sangat terkenal saat ini, bentuknya seperti tudung payung, mempunyai tekstur lembut dan mempunyai aroma yang tidak terlalu mencolok, sehingga mudah dipadupadankan dengan berbagai masakan. Ada beberapa jenis warna jamur tiram ada yang berwarna putih, coklat dan pink. Jamur tiram dapat dibuat menjadi berbagai jenis masakan seperti keripik, jamur krispi, oseng-oseng/ tumis, bakso jamur, naget jamur dan lain-lain. Bahkan akhir-akhir ini ada yang mengolah jamur tiram sebagai bumbu masak atau penyedap rasa.


Jamur tiram- dapat tumbuh dalam berbagai media tumbuh, yaitu serbuk gergaji, kayu lapuk, limbah jerami, limbah kapas bahkan kita bisa memnggunakan kardus bekas sebagai media tumbuhnya. Budidaya jamur tiram termasuk jenis budidaya yang relatif mudah dan murah sehingga sangat potensial untuk dikomersialkan, mengingat harga jamur tiram di pasaran sangat stabil. Bagi petani pemula untuk membudidayakan jamur tiram bisa dimulai dengan membeli baglog dari seseorang yang menyediakan bibit siap budidaya. Jadi tidak perlu membuat dari awal misalnya dari kultur jaringan untuk mendapatkan staternya. Karena bagi petani pemula untuk membuat stater F0, F1, F2 maupun F3 resiko kegagalanya sangat tinggi. jadi sebagai langkah awal kita hanya perlu mempersiapkan kumbung, membeli baglog dan merawatnya.

Jamur tiram ternyata mempunyai segudang manfaat dibalik rasanya yang lezat. Maka tidak heran jika saat ini penggemar jamur tiram sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa manfaat menyangkut jamur tiram;

1. Sebagai bahan makanan

Jamur tiram mengandung asam amino esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh. Kandungan asam amino dalam jamur tiram diantaranya isoleusin, lisin, metholin, cistein, penilalain, tirosin, treoninm, triptopan, valin, arginin, histidin, alanin, asam aspartat, asam glutamat, gilisin, prolin dan serin. Selain itu, asam lemak tak jenuh yang terdapat didalam jamur tiram sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi, stroke, jantung, kolesterol, maupun bagi orang yang sedang menjalani program diet.

Dalam bobot 100 gram, jamur tiram kering mengandung air (73,7 -  90,8%), protein (10,5 - 30,4%), karbohidrat (57,6 - 81,8%), lemak 91,6 - 2,2%) dan asam amino. Selain itu jamur tiram juga mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat besi (Fe), Fosfor (P), Kalium (K), Zinc (Zn), Natrium (Na), dan Kalsium (Ca).

Dengan melihat kandungan-kandungan gizi dan mineral seperti tersebut diatas maka jamur tiram sangat cocok sebagai bahan makanan yang baik.

2. Sebagai obat

Sebagai bahan yang mengandung khasiat obat, jamur tiram mengandung karbohidrat, lemak dan mempunyai kalori rendah. namun mempunyai serat tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam program diet penderita diabetes dan hipertensi. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan jamur tiram dapat digunakan sebagai vaksinasi dan antivirus. Berikut ini beberapa khasiat jamur tiram untuk kesehatan

- Meningkatkan produksi sel darah merah

Kandungan zat besi, niasin dan mineral lainya dalam jamur tiram dapat membantu proses pembentukan eritrosit atau sel darah merah

- Mengobati kanker

Jamur tiram mengandung senyawa-senyawa polisakarida, seperti beta D-glukosa yang berfungsi sebagai antitumor, antikanker, antivirus, antibakteri dan dapat meningkatkan sistem imun.

- Sebagai tambahan gizi untuk ibu hamil

kandungan asam folat pada jamur tiram sangat baik untuk ibu hamil karena dapat mengurangi risiko cacat kelahiran dan cacat otak pada bayi.

- Menurunkan kolesterol

Jamur tiram mampu menurunkan kadar kolesterol karena mengandung senyawa aktif lovastatin

3. Sebagai pupuk organik

Penggunaan jamur tiram tidak sebatas hanya pada buah jamurnya semata, ampas-ampas dari media tanam atau baglog bekas bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Kita tahu sebagai pendukung pupuk baglog tersusun oleh (selain serbuk gergaji dll sebagai bahan utamanya) bekatul, kapur pertanian dan mineral-meineral lain yang sangat bagus untuk pemupukan.

4. Sebagai pakan ternak

Limbah dari jamur tiram, yaitu bagian dari jamur yang bersentuhan langsung dengan media tanam (akar jamur) atau jamur -jamur yang rusak (terlalu tua) dimakan hama biasanya tidak itu dipanen. Limbah tersebut dapat dipakai sebagai pakan ternak alternatif seperti ikan, unggas, sapi dan kerbau. Untuk jamur tiram yang menggunakan media jerami padi, limbahnya dapat digunakan sebagai pakan kternak ruminansia. Keunggulan limbah ini adalah nilai koefisien cerna yang lebih tinggi daripada jerami kering. Nilai koefisien cerna naik dari 23,91% menjadi 30,15%.

5. Sebagai pendaur ulang

Dihabitatnya, semua jenis jamur termasuk jamur tiram merupakan organisme yang berperan penting dalam siklus daur ulang karbon dan nitrogen. jamur tiram berperan sebagai agen pelapuk dan pendaur ulang yang baik, sehingga secara tidak langsung turut menjaga lingkungan dan penumpukan bahan-bahan organik.

6. Komposter alam

Di alam, jamur tiram dapat pula berperan sebagai komposter alami. residu tanaman yang telah lapuk dan kotoran hewan yang diuraikan oleh jamur tiram merupakan komponen yang penting untuk sifat fisik dan kimia tanah. hasil dekomposisi bahan-bahan organik tersebut akan meningkatkan kemampuan tanah menyangga air, embuat tekstur tanah menjadi lebih gembur dan memberikan kesuburan pada tanaman.

Demikian segudang manfaat jamur tiram, jadi selain kita mendapatkan hasil secara ekonomi, kita juga mendapatkan manfaat-manfaat yang lain. Untuk menambah hasil secara ekonomi dalam membudidayakan jamur tiram, disarankan agar kita juga memelihara ikan (teruratama lele), unggas , sapi dll. Selain itu kita juga bisa menanam tanaman, pada polibag, halaman, pekarangan atau lahan pertanian. Sehingga kita dapat memanfaatkan pupuk dari limbah budidaya jamur tiram.
 
Sumber:
- BISNIS JAMUR TIRAM ( oleh: Triono Untung Piryadi)
- PANDUAN LENGKAP JAMUR TIRAM (oleh: Dr. Ir. Achmad M.S., Mugiono S.P., Tias Arlianti S.P, dan Chotimatul Azmi S.P.)

2 comments:

  1. Terimaksih banyak atas info. semoga kami bisa mengembangkan budidaya ini di Forum anak yang sudah menjadi impian sejak dulu..Tuhan memberkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga telah berkunjung ke blog kami. Kami siap membantu apabila ada pertanyaan seputar budidaya jamur tiram.

      Delete